VALIDITAS PENILAIAN AHLI PADA INSTRUMEN STUDENT PERCEPTION OF OPPORTUNITY COMPETENCE DEVELOPMENT (SPOCD) DI PERGURUAN TINGGI

  • Gusti Adillah Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Achmad Ridwan Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
  • Wardani Rahayu Universitas Negeri Jakarta, Jakarta Timur, Indonesia
Keywords: Validitas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dari respons penilai ahli pada instrumen Student Perception of Opportunity Competence Development di tingkat Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan metode survei, sedangkan sampel sebanyak 20 panelis dipilih secara random sampling pada mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan magister dalam bidang pendidikan. Pengumpulan data melalui instrumen SPOCD bentuk non-tes dengan bantuan Google Form. Analisis data menggunakan teknik formula Aiken untuk menganalisis validitas hasil respons penilai ahli. Hasil menunjukkan bahwa instrumen SPOCD yang dirancang dari enam dimensi, 22 indikator, dan 35 butir memiliki nilai validitas pada rentang 0.36 sampai dengan 0.81 dalam kategori yang cukup memadai. Sedangkan dimensi dengan nilai validitas terbesar Using Languange dan nilai validitas terkecil pada dimensi Making Connection, saran dan rekomendasi panelis agar butir pada tiap indikator dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan lingkungan pembelajaran saat ini.