PANCA PRINSIP PENILAIAN DAN KUALITAS PENILAIAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA
Keywords:
prinsip penilaian, kualitas, kemampuan, berbicara
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran, penilaian memgang peranan penting. Tanpa penilaian, capaian hasil belajar peserta didik tidak dapat diketahui. Hasil penilaian dapat dijadikan sebagai bahan umpan balik bagi peserta didik yang dinilai dan dapat dijadikan sebagai bahan memperbaiki proses pembelajaran. Kualitas hasil penilaian ditentukan oleh kualitas penilaian. Kualitas penilaian ditentukan oleh panca prinsip penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi penilaian kemampuan berbicara mahasiswa pada saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian pengembangan mencakupi tahap awal, pengembangan, dan evaluasi. Pada tahap awal, peneliti melakukan observasi mengenai kondisi penilaian kemampuan berbicara mahasiswa. Kondisi penilaian kemampuan berbicara mahasiswa pada saat ini belum sepenuhnya memnuhi panca prinsip penilaian. Kondisi penilaian kemampuan berbicara perlu diperbaiki, perlu dikembangkan, perlu dibuat model penilaian kemampuan berbicara yang berkualitas. Penilaian kemampuan berbicara mahasiswa yang berkualitas adalah model penilaian yang memnuhi panca prinsip penilaian. Panca prinsip penilaian mencakupi (1) edukatif, (2) otentik, (3) objektif, (4) akuntabel, dan (5) transparan.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arsjad, Maidar G. Dan Mukti U.S. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Borg, R Walter dan Gall Meredith D. 1989. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.
Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. UPI Pers: Bandung
Citrobroto, Suhartin R.I. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: Bhatara Karya Aksara
King, Larry. 2010. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, dan di Mana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Perguruan Tinggi, Republik Indonesia Nomo 44 Tahun 2015.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Borg, R Walter dan Gall Meredith D. 1989. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc.
Cahyani, Isah dan Hodijah. 2007. Kemampuan Berbahasa Indonesia di SD. UPI Pers: Bandung
Citrobroto, Suhartin R.I. 1987. Prinsip-prinsip dan Teknik Berkomunikasi. Jakarta: Bhatara Karya Aksara
King, Larry. 2010. Seni Berbicara kepada Siapa Saja, Kapan Saja, dan di Mana Saja. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Perguruan Tinggi, Republik Indonesia Nomo 44 Tahun 2015.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Section
Pengajaran Bahasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.