Implementasi Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dalam Perkuliahan Morfologi sebagai Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

  • Septina Sulistyaningrum Universitas Negeri Semarang
Keywords: model pembelajaran kooperatif jigsaw, kemandirian belajar

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan tepat dalam perkuliahan menyebabkan perkuliahan tidak membosankan. Penentuan model pembelajaran tentunya disesuaikan dengan karakteristik tujuan mata kuliah dan mahasiswa. Salah satu model pembelajaran yang dipandang dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa jurusan bahasa dan sastra Indonesia adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Perubahan sikap terdiri dari aspek melakukan kontrol diri, memiliki kepercayaan diri, berperilaku disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, dan berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri menunjukkan adanya peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarnggi, Ruseno dan Erni Agustina. Meningkatkan Belajar berdasar Regulasi Diri melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Makara Seri Sosial Humaniora, 2013, 17(1): 55-63 DOI: 10.7454/mssh.v17i1.1801

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_________________. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakrta: Rineka Cipta.

Haris Mudjiman. 2008. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press.

Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran: Edisi Keempat. Jakarta: Rineka Cipta.

Johnson, D.W., & Johnson, R.T. 1999. Methods of Cooperative Learning: What can we prove works? Edina, MN: Cooperatine Learning Institute.

Joyce, Bruce. et al. 2009. Models of Teaching; Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Sukandarrumidi. 2006. Metodologi Penelitian: Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Cooperative Learning-teknik Jigsaw. http://akhmadsudrajat.wordpress.com.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susianto, Dwi. 2011. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Perilaku Sosial dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS 2 SMA Negeri Jumpolo Karanganyar. Jurnal Publikasi Ilmiah. UMS Surakarta.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Winataputra, S. Udin. 2001. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ditjen.