KEMAMPUAN MENYUSUN PERANGKAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA ANGKATAN 2014 TAHUN AKADEMIK 2016/2017

  • Rishe Purnama Dewi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Septina Krismawati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Keywords: perangkat pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran, komponen RPP

Abstract

Untuk dapat terampil mengajar, guru perlu mempersiapkan skrenario pembelajarannya. Skenario pembelajaran tertulis dapat diwujudkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP menjadi dasar pelaksanaan pembelajaran di kelas RPP juga menjadi cerminan kerberhasilan pembelajaran guru. Dalam rangka itulah, para calon guru Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia (PBSI) diharapkan menguasai keterampilan menyusun RPP. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan tingkat kemampuan penyusunan RPP mahasiswa angkatan 2014 TA 2016/2017 dan faktor-faktor kesalahan dalam penyusunan RPP. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2014 yang sudah lulus mata kuliah Perencanaan Pembelajaran BSI dan sedang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Mikro yang berjumlah 80 mahasiswa. Instrumen penelitian ini berupa tes penyusunan RPP. Teknik pengumpulan data melalui dua tahapan. Pertama, untuk mendapatkan masukan kemampuan penyusunan perangkat RPP, mahasiswa diberikan tes menyusun sebuah RPP jenjang SMA. Setelah RPP terkumpul, tahapan kedua adalah RPP tersebut dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian. Selanjutnya, data dianalisis dengan statistik deskriptif. Langkah-langkah analisis statistik deskriptif yang dimaksud meliputi: (1) pengumpulan data kasar melalui pemberian skor mentah, (2) pemberian skor untuk analisis kuantitatif, dan (3) skor yang diperoleh melalui analisis dikonversikan menjadi nilai dengan skala lima. Data yang berhasil dianalisis terdapat 59 data RPP. Hasil penilaian menempatkan kualitas penyusunan RPP mahasiswa PBSI 2014 tergolong baik yaitu sebesar 3,83. Hal ini dapat diartikan bahwa kualitas penyusunan RPP tergolong memadai. Ada empat faktor kesalahan penyusunan RPP yang ditemukan dalam penelitian ini, yaitu (1) keterpahaman format RPP Kurikulum 2013, (2) ketidaktepatan dalam penyusunan tujuan pembelajaran yang berdampak pada kesalahan pada penyusunan penilaian, (3) kurang kelengkapnya penyusunan komponen RPP, dan (4) ketidakpahaman dalam menjabarkan rangkaian kegiatan pembelajaran yang selaras dengan pemilihan metode pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adetia, Nur Ali Aziz. 2017. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dalam Perencanaan Pembelajaran Guru terhadap Mutu RPP di SD N 1 Kalimanah Wetan Kabupaten Purbalingga. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Burden, Paul. R. dan David. M. Byrd. 2001. Methods for Effective Teaching. Neeham: Ally and Bacon.

Creswell, John W. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sari. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Jakarta: Kata Pena.

Izzati, Nurma. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun RPP melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon)”, dalam EUCLID: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Program Studi Pendidikan Matematika Unswagati Cirebon.

Jannah, Misbahul. 2016. “Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam Evaluasi Pembelajaran IPA” dalam Proceedings Aricis: Ar-Raniry International Conferene on Islamic Studies. Aceh: Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bandung: Penerbit Ghalia Indonesia.
Orey, Micahel. 2016. Exploring the Cultural Dimensions of Instructional Design: Models, Instruments, and Future Studies”.https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-45001-8_9, diunduh April 2017. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Permendikbud Nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Garuda. P3MP. 2014. Pedoman Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Stefaniak, Jill. 2016. Advancing Medical Education Through Strategic Instrucional Design. USA: Old Dominion University.

Ismaniati, Christina, dkk. 2015. Modul Pekerti II. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.