KAJIAN INTERDISIPLINER AUTOBIOGRAFI REMAJA INDONESIA

  • Atiqa Sabardila Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Markhamah Dosen Magister Pengkajian Bahasa, Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nanik Prihartanti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: autobiografi, purpossive sampling, isi tuturan, metode padan referensial

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji isi pesan pada autobiografi mahasiswa semester II penempuh matakuliah menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sumber data berasal dari autobiografi mahasiswa semester I tersebut. Data diambil secara purpossive sampling, yakni isi tuturan yang dapat dikaji sesuai dengan disiplin ilmu yang sedang dideskripsikan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Data yang dimanfaatkan berupa data sekunder. Teknik analisis data dilakukan dengan content analysis yang sepadan dengan metode padan referensial. Hasil yang didapat adalah autobiografi yang ditulis mahasiswa mampu merekam pengalaman tentang perjalanan si penulis, yakni dari asuhan, pendidikan, potensi/bakat, hubungan sosial, serta respon terhadap situasi konkret yang melingkupinya. Karena lebih merupakan rekaman peristiwa, autobiografi mereka justru menyimpan hal penting untuk perbaikan siapa pun yang berhubungan dengan anak. Autobiografi mereka berkontribusi untuk bahan evaluasi diri bagi keluarga, guru, dan kepala sekolah yang akan mempersiapkan sumber daya manusia dengan menangkap permasalahan sejak dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djayasasmita, Porwalaksana M. 2015. “Buku yang Lahir dari Penjara dan Mengubah Dunia ...!!!”.

URL: http://poerwalaksana.blogspot.com/2015/10/Buku-yang-lahir-dari-penjara-dan-merubah-dunia.html

Kompas. 2018. “Kecanduan Gawai Ancam Anak-anak”. 23 Juli 2018.

Kompas. 2018. “Kecanduan Gawai pada Anak”. 26 Juli 2018.

Kompas. 2018. “Mendampingi Anak-anak di Era Dogital”. 30 Juli 2018.

Maryadi, Atiqa Sabardila; Nanik Prihartanti; Markhamah. 2009.”Pedoman dan Silabus Pembelajaran

Menulis Autobiografi” ”. Jurnal Penelitian Humaniora. Volume 10. Nomor 1. Pebruari 2009.

Sabardila, Atiqa; Nanik Prihantanti; Markhamah; Agus Budi Wahyudi. 2008. ”Model

Penggalian Potensi Menulis melalui Penulisan Autobiografi ”. Penelitian Hibah Bersaing Tahun 1.

Sabardila, Atiqa; Nanik Prihartanti; Agus Budi Wahyudi. 2011. ”Autobiografi sebagai Model Alat

Ungkap Masalah pada Siswa”. Penelitian Dasar.

Sabardila, Atiqa; Nanik Prihartanti; Markhamah; Main Sufanti; 2012. “Menakar In

Put Calon Guru Profesional melalui Pemetaan Profil Kepribadian, Pola Asuh, dan Potensi Konflik dalam Autobiografi Mahasiswa”. Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Tahun 1.

Salim, Agus. 2008. Jenderal Besar A.H. Nasution: Bapak Angkatan Darat & Pemersatu Bangsa.

Jakarta: Intimedia Ciptanusantara.

Sundberg, N.D., Winebarger, A.A, dan Taplin, J.R. 2007. Psikologi Klinis. Perkembangan, Teori, Praktik, dan Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nugroho, Wisnu. 2011. Pak Kalla dan Presidennya. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Wahyudi, Agus Budi; Atiqa Sabardila; Zainal Arifin; Harus Joko Prayitno. 2014.

”Pemetaan Pelanggaran Peserta Program Pengenalan Akademik (PPA) di UMS Tahun 2014 dan Variasi Penanganannya”. Laporan Penelitian Unggulan Program Studi.

Wicaksana, Anom Whani. 2017. Mohammad Hatta: Hidup Jujur dan Sederhana untuk Bangsa

Wicaksana, Anom Whani. 2018. Gus Dur: Jejak Bijak Sang Guru Bangsa. C-Klik Media.

El-Jaquene, Ferry Taufiq. 2018. Buya Hamka: Kisah dan Cerita dari Balik Penjara. Araska Publisher.