MODEL PEMBELAJARAN MENULIS WACANA PERSUASIF DENGAN MEDIA SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PEKALONGAN

  • Afrinar Pramitasari Universitas Pekalongan
Keywords: menulis, wacana persuasif, jejaring sosial instagram, karakter kritis

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif perlu dilakukan oleh dosen dalam perkuliahan. Media situs jejaring sosial instagram merupakan salah satu media berbasis web atau internet. Instagram sangat berpotensi membantu mahasiswa untuk menumbuhkan budaya membaca dan menulis. Instagram juga dapat membantu mahasiswa menjadi lebih kreatif dalam merangkai kata-kata yang bersifat persuasif. Mahasiswa dapat mengekspresikan perasaan, mengungkapkan gagasan, berbagi pengetahuan, dan bahkan dapat mencari rupiah dengan merangkai kata-kata di instagram. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dikemukakan, maka disimpulkan bahwa analisis kebutuhan akan model pembelajaran menulis wacana persuasi menggunakan media situs jejaring sosial instagram diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan dosen pengampu Mata Kuliah Menulis dan Dosen Pengampu Mata Kuliah Tata Wacana. Sementara itu, angket disebarkan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hasil analisis kebutuhan penelitian ini adalah diperlukan sebuah model pembelajaran yang menarik, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran menulis wacana persuasif. Salah satu alternatif adalah model pembelajaran menulis wacana persuasif menggunakan media situs jejaring sosial instagram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Hartono, Bambang. 2000. Kajian Wacana Bahasa Indonesia. Semarang: Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Joyce, Bruce. Marsha Weil, and Emaly Calhoum. 2009. Models of Teaching (Model-Model Pengajaran) edisi ke-8. Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Keraf, Gorys. 2009. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode, & Aplikasi Prinsip-prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.

Zulaeha, Ida. dan Y. Kusumawardaningsih. 2010. Pengembangan Kemampuan Menulis Kreatif dalam Konteks Multikultural Mahasiswa SMP dengan Model Inquiri Sosial. Makalah disajikan dalam Seminar Internasional Indonesian Language Development in Multicultural Context. 5 Januari 2010, di FBS-UNNES.