STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

  • Nanik Setyawati Universitas PGRI Semarang
Keywords: stuktur, kebahasaan, teks, iklan layanan masyarakat

Abstract

Tujuan pembuatan Iklan Layanan Masyarakat (ILM) adalah untuk kepentingan sosial, bukan semata-mata untuk mendapat keuntungan berupa material. Penggunaan bahasa menjadi salah satu aspek penting bagi keberhasilan iklan. Bahasa yang digunakan dalam ILM memegang peranan yang sangat penting untuk menentukan sampai tidaknya pesan yang ingin disampaikan dalam ILM. Agar dapat menarik perhatian pembaca, ILM harus menggunakan bahasa yang indah, menarik, dan mudah dipahami. Penggunaan struktur kebahasaan dengan ciri-ciri: menggunakan slogan, menggunakan kalimat persuasif, dan menggunakan sudut pandang (point of view) sering menjadi penanda bahasa ILM. Penyediaan data menggunakan metode simak, teknik dasar dengan teknik sadap pada dua belas teks ILM, yaitu: ILM tentang Bahaya Narkoba, ILM tentang Bahaya Merokok, ILM tentang Kesehatan, ILM tentang Makanan, ILM tentang Bahaya Demam Berdarah, ILM tentang Lingkungan/Go Green, ILM tentang Pendidikan, ILM tentang Hemat Energi, ILM tentang Lalu Lintas, ILM tentang Sampah, ILM tentang Peduli Pajak, dan ILM tentang Kerukunan. Teknik lanjutannya adalah teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode agih. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik Bagi Unsur Langsung (BUL), sedangkan tenik lanjutan yang digunakan adalah teknik penggantian dan teknik pengubahan wujud. Selanjutnya metode dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode penyajian kaidah yang bersifat informal. Pada teks-teks ILM secara umum masih ditemukakan adanya pemakaian slogan dan kalimat persuasif. Penggunaan sudut pandang (point of view) banyak tidak ditemukan di beberapat teks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul dan Agustina L. (2010). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.



Jefkins, Frank. 1994. Periklanan. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Liliweri, Alo. 2001. Dasar- Dasar Komunikasi Periklanan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Salamadian. 2017. “10+ Contoh Iklan Beserta Gambarnya, Strukturnya yang Menarik” (online). https://salamadian.com/contoh-iklan/. (Diunduh pada tanggal 6 September 2018.pukul 20.54)

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian
Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Anggota APPTI.