PENDAMPINGAN PEERTEACHING BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH MAGANG MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UPGRIS

  • Ngatmini Universitas PGRI Semarang
Keywords: pendampingan, peer teaching, konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mendeskripsikan model pendampingan peer teaching berbasis konstruktivisme pada mata kuliah Magang mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang yang membangun rasa percaya diri. Mahasiswa yang didampingi sejumlah 20 menempuh mata kuliah Magang 2 di semester 6. Pendampingan peer teaching mahasiswa melalui orientasi, elicitasi, restrukturisasi ide, aplikasi, dan review. Pendampingan diawali dengan mengeksplore kemampuan awal dari hasil observasi, dilanjutkan dengan diskusi bersama teman, hasil diskusi dijadikan pijakan untuk memulai pendampingan. Pananaman konsep kembali terhadap komponen RPP melalui penjelasan dan contoh, merefleksi kinerja, berdiskusi secara klasikal, memperbaiki hasil kerja, persiapan praktik dan peer teaching. Hasil yang diperoleh, mahasiswa dapat menyusun RPP dengan baik, peer teaching, 7 mahasiswa sangat bagus, 10 bagus dan 3 perlu latihan lagi. Melalui pendampingan mahasiswa mampu membangun pengetahuan baru dengan didasari pengalaman atau pengetahuan lama sehingga diperoleh pemahaman. Pemahaman tersebut yang menciptakan rasa percaya diri mahasiswa untuk melakukan pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriany, Liesna. 2011. “Ujaran Interpersonal dalam Wacana Kelas (Analisis Linguistik Sistemik Fungsional)”. Desertasi. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.
Harsono, Fitri Haryanti. 2018. Tantangan Generasi Milenial Sambut Revolusi Industri 4.0. Kompas. http://komunita.widyatama.ac.id/tantangan-pendidikan-tinggi-dalam-era-revolusi-industri-4-0/
Ngatmini. 2013. Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Sebagai Media Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Sasindo. Vol 1 No.2 September
Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Sasindo/Article/View/672/620
Pannen, Paulina, Dina Mustafa, Mestika Sekarwinahyu. dkk. 2005. Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jakarta : Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan pengembangan Aktivitas Instruksional. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Prilanita, Yeni Nur dan Sukirno. 2017. “Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa Melalui Faktor Pembentuknya”. Cakrawala Pendidikan. juni 2017 Th xxxvi nomor 2
Supriyono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suud, Abu, Suwandi, Sudharto, dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah dan perguruan Tinggi. Semarang : IKIP PGRI Press.

Su, Bude, Curtis J. Bonk, Richard J. Magjuka, Xiaojing Liu, dan Seung-hee Lee. 2005. “The Importance of Interaction in Web-Based Education:
A Program-level Case Study of Online MBA Courses”. Indiana University. Journal of Interactive Online Learning. www.ncolr.org. Volume 4, Number 1 Summer 2005. ISSN:1541-4914 https://www.google.co.id/journalteachingandlearninginteractions
Suciati. 2017. Interaksi Kesiapan Belajar dan Kepuasan terhadap Layanan Pada
Pembelajaran Online Program Pascasarjana. Cakrawala Pendidikan, Februari 2017, Th. XXXVI, No. 170-80