Retorika Komunikasi Verbal-nonverbal bagi Calon Guru untuk Mengatasi Kendala Komunikasi

  • Mukhlis Universitas PGRI Semarang
Keywords: Retorika, Komunikasi Verbal-noverbal, Kendala Komunikasi

Abstract

Retorika dapat diartikan sebagai suatu seni untuk berbicara yang dipergunakan dalam proses komunikasi antarmanusia. Seni berbicara ini bukan hanya berarti lancar, tetapi juga harus efektif dan efisien. Retorika modern mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi dan fantasi yang tinggi, teknik pengungkapan yang tepat dan daya pembuktian serta penilaian yang tepat. Retorika modern adalah gabungan yang serasi antara pengetahuan, pikiran, kesenian dan kesanggupan berbicara. Calon guru seharusnya menguasai segi praktis dan teoretik dalam bidang retorika-kemampuan komunikasi verbal-nonverbal. Karena itu diperlukan kajian dan riset yang lebih banyak lagi pada bidang retorika. Pesan informatif, persuasif dan pesan-pesan kreatif yang menjadi domain kajian retorika seharusnya dikuasai mahasiswa calon guru yang mencakup kemampuan mengajar, berdiskusi, berdebat, bernegosiasi, presentasi, interview dan seterusnya. Mata kuliah Retorika tidak lagi diajarkan bagi calon guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Yusuf Zainal, (2013). Pengantar Retorika: Bandung Pustaka Setia.
Agung, Arman. (1989). Laporan Program Pembelajaran Pendidikan Kader (Materi Retorika) Ujung Pandang: IKIP Gunung Sari Baru.
Arsjad, Maidar G. dan Mukti US. (1993). Pembinaan Kemampun Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Blake, Reed H, dan Edwin O. Haroldsten. (2003). Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus
Harahap, Nasrudin. (2003). Interaksi Sosial pada Penduduk Lokal Daerah Transmigrasi. Jurnal Populis. Edisi Nomor 3. Yogyakarta: LKPM IAIN SUnan Kalijaga.
Hardjana, Andre A. (1999). Perkembangan Penelitian Ilmu Komunikasi di Peguruan Tinggi. Catatan Pendahuluan. Jurnal Ikatan Sarjana.
Hendrikus, Dori Wuwur. (1991). Retorika. Yogyakarta: Penerbit Kanisius
Liliweri, Alo (1994). Komunikasi Verbal dan Non Verbal , Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Mulyana, Deddy (2000) Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. (2008). Retorika Modern Pendekatan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suhandang, Kustadi. (2009). Retorika: Strategi, Teknik, dan Taktik Berpidato. Jakarta: Nuansa.
Tarigan, Henry Guntur. (1983). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara. Bandung: Angkasa
Tarigan, Djago, dan Tarigan, H.G. (1990). Teknik pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
http://nesaci.com/pengertian-dan-prinsip dasar retorika, diakses 22 April 2018.
Dumitriu, C., Timofti, I. C., & Dumitriu, G. (2014). Communicative Skill and/or Communication Competence? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 489–493. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.085
Kuntze, J., van der Molen, H. T., & Born, M. P. (2016). Mastery of communication skills. Does intelligence matter? Health Professions Education. https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.08.002
Mokhtar, N. H., Farida, M., Halim, A., Zurina, S., & Kamarulzaman, S. (2011). The Effectiveness of Storytelling in Enhancing Communicative Skills, 18, 163–169. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.05.024
Pourfarhad, M., Liyana, F., Azmey, A., & Hassani, L. (2012). Perceptions of International Students on Academic Literacy Focusing on Speaking and Listening Skills in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69(Iceepsy), 197–205. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.399
Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (2010). LANGUAGE TEACHING & APPLIED Linguistics.
Soodmand, H., & Rahimi, M. (2014). The Relationship among Critical Thinking , Emotional Intelligence , and Speaking Abilities of Iranian EFL Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 136, 75–79. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.291
Waqi, A., Ahmad, N., & Su, C. (2014). The Relationship between Emotional Intelligence and Interpersonal Communication Skills in Disaster Management Context : A Proposed Framework. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 155(October), 110–114. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.10.265
Yalç, Ö., & Volkan, İ. (2014). Foreign language speaking anxiety : The case of spontaneous speaking activities, 116, 2620–2624. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.623