STRUKTUR DAN FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN PASTA GIGI SENSODYNE

  • Rangga Asmara Universitas Tidar
Keywords: analisis wacana, iklan, Sensodyne, struktur dan fungsi bahasa

Abstract

Sebagai sebuah wujud bahasa, wacana iklan memiliki struktur. Struktur yang membangun sebuah iklan menjadi sebuah bangun bahasa yang utuh. Penempatan susunan kata dan kalimat memberikan pengaruh yang sangat besar pada pemahaman pendengar. Penyusunan bagian struktur iklan juga dapat mempengaruhi pendengar, sehingga pendengar dapat terbujuk oleh bahasa iklan. Pengaruh dari iklan terhadap konsumen sangat bervariasi, dari mendorong konsumen untuk mencari produk yang dimaksud sampai dengan mendorong seseorang yang tidak loyal menjadi loyal. Tujuan penelitian ini memaparkan struktur dan fungsi bahasa dalam wacana iklan pasta gigi Sensodyne. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana, jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Sumber data penelitian ini berupa iklan pasta gigi Sensodyne yang di dalamnya terdapat struktur dan fungsi bahasa iklan. Hasil penelitian ini memaparkan struktur iklan pasta gigi Sensodyne terdiri atas bagian utama, bagian penjelas, dan bagian penutup. Fungsi bahasa yang terdapat dalam iklan pasta gigi Sensodyne meliputi fungsi informasi, fungsi persuasif, dan fungsi membangun citra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustrijanto. 2006. Copywriting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Astuti, S.P. Persuasi dalam Wacana Iklan. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 12(1), 38-45. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/15634

Eriyanto. 2006. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Meleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mulyana. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode & Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana

Musaffak, M. 2012. Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 224-232. Doi: https://doi.org/10.22219/kembara.v1i2.2618

Sumarlam dan Indratmo, A. 2004. Analisis Wacana Iklan, Lagu, Puisi, Cerpen, Novel, Drama. Bandung: Pakar Raya.

Sumarlam. 2009. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra.

Widyatama, R. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.