PENERAPAN ETHNOMATEMATIKA DALAM PERMASALAHAN LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR

-

  • Sapitri Universitas Negeri Semarang
  • Marhaen Evania Universitas Negeri Semarang
  • Meike Dwi Maharani Universitas Negeri Semarang
  • Desra Aulia Universitas Negeri Semarang
Keywords: Ethnomatematika, Budaya Literasi Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Ethnomatematika merupakan proses pembelajaran matematika yang melibatkan unsur budaya yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Literasi matematika adalah salah satu budaya yang sekaligus merupakan pengetahuan yang berkaitan dengan pembelajaran matematika. Dalam kajian ini membahas mengenai penerapan ethnomatematika dalam permasalahan budaya literasi matematika di sekolah dasar. Jenis penelitian yang diguanakan dalam artikel ini adalah artikel konseptual, dimana mengembangkan dari artikel atau sumber yang sudah ada mengenai penerapan ethnomatematika dalam permasalahan literasi matematika di sekolah dasar. Metode artikel yang digunakan dalam artikel ini adalah metode study literature.  Data yang diperoleh bersumber dari jurnal atau artikel yang sudah ada kemudian dikembangkan kembali menjadi sebuah kajian yang sistematis, runtut, dan rinci.Adapun langkah  yang dilakukan peneliti dalam menyusun artikel terdiri dari membaca, mencatat, dan mengembangkan gagasan berdasarkan data yang diperoleh dari proses membaca.  Dalam artikel ini akan membahas mengenai pengertian etnhnomatematika, literasi matematika, permasalahan dan implementasi ethnomatematika dalam budaya literasi matematika jenjang sekolah dasar. Hasil penelitian menjelaskan bahwa ethnomatematika saling berkaitan dan mendukung dalam budaya literasi matematika, karena dalam ethnomatematika soal yang diberikan mencakup dua hal yaitu pembelajaran matematika dan unsur budaya.

Published
2023-01-26