Panduan Penulis

  1. Artikel yang dikirimkan kurang lebih antara 8-14 halaman dengan spasi 1.15 dan memuat judul, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, simpulan, ucapan terima kasih (opsional), dan pustaka acuan.
  2. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia. Panjang judul maksimal 15 kata dengan jenis font Arial Narrow ukuran 14 dicetak tebal. Judul tidak boleh memuat istilah asing.
  3. Nama penulis secara lengkap tanpa menyebutkan gelar ditulis dengan huruf Arial Narrow ukuran 12 bold. Jika penulis lebih satu orang semua ditulis secara menyamping dengan dipisahkan tanda koma (,). Di bawah nama penulis dicantumkan lembaga Afiliasi Penulis, alamat email semua penal ulis dengan huruf Arial Narrow 12.
  4. Abstrak ditulis dalam dua bahasa; Indonesia dan Inggris, masing-masing tidak lebih dari 250 kata, mengandung pentingnya topik, kesenjangan antara teori dan berlatih atau antara realitas dan harapan, atau kurangnya studi, tujuan dari penelitian ini, metode, hasil, dan kesimpulan. Dalam abstrak tidak diperkenankan memuat simbol matematika seperti t_obs, t_hitung, alfa, dsb. Abstrak ditulis dengan Arial Narrow 10.
  5. Setelah abstrak ditulis sekitar tiga hingga tujuh kata kunci. Ditulis dengan Arial Narrow 10.
  6. Pendahuluan memuat latar belakang masalah dengan menjelaskan fenomena permasalahan yang diteliti, ditulis tanpa subbab. Latar belakang didukung dengan acuan pustaka dan hasil penelitian terkait sebelumnya, baik yang dilakukan oleh penulis maupun yang dilakukan oleh orang lain. Dalam bab Pendahuluan juga dijelaskan posisi penelitian di antara penelitian-penelitian terdahulu. Pendahuluan mengungkapkan dengan jelas masalah yang menjadi fokus penelitian, tujuan penelitian, dan urgensinya, dengan proporsi 15-20% dari seluruh panjang artikel.
  7. Metode penelitian diajikan tanpa subbab, memuat informasi mengenai macam atau sifat penelitian, waktu dan tempat, bahan/teknik pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, metode analisis data, dan interpretasi data. Pada jenis penelitian kuantitatif perlu mencantumkan teknik pengujian hipotesis yang relevan, tanpa perlu menuliskan hipotesis atau rumus yang digunakan, kecuali jika teknik uji statistika tidak umum digunakan.
  8. Hasil dan pembahasan dapat disajikan dalam bentuk subbab-subbab tanpa numeric. Deskripsi hasil analisis data untuk menjawab pertanyaan penelitian dan maknanya dilihat dari teori dan referensi terkini dari area yang dibahas untuk itu harus ditopang dengan hasil penelitian sebelumya (penelitian sendiri/orang lain) agar lebih bermakna. Lebih diutamakan keterbaruan hasil penelitian. Subbab ditulis dengan hurup kapital pada awal kata dan ditulis bold. Proporsi bagian ini adalah 40-60% dari total panjang artikel.
  9. Simpulan bukan merupakan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penjelasan singkat dalam bentuk kalimat utuh atau dalam bentuk butir-butir kesimpulan secara berurutan atau penyajian kembali temuan-temuan utama. Simpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Konsistensi masalah, tujuan, simpulan harus dicapai sebagai upaya cek dan ricek.
  10. Gambar yang digunakan harus diberi label dan harus diacu dalam kalimat.
  11. Daftar acuan harus diacu pada naskah, dan setiap referensi pada naskah harus ada pada daftar acuan.

Template naskah dapat diunduh pada halaman Download.