Tentang SANDIKA 5

Kurikulum Merdeka merupakan sebuah paradigma baru dalam dunia pendidikan Indonesia yang memberikan keleluasaan lebih kepada sekolah dan guru dalam merancang kurikulum serta metode pembelajaran. Berkaitan dengan kebijakan tersebut, tentunya dalam kerangka kurikulum perlu ada perubahan yang signifikan. Salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan signifikan tersebut adalah matematika. Pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif sangat penting dalam menghasilkan generasi yang memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif, sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Inovasi pembelajaran matematika dibutuhkan dalam menghadapi perubahan kurikulum tersebut. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan dalam bentuk perubahan dalam pendekatan dan metode pembelajaran matematika yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan berkualitas. Dalam rangka merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran matematika di era Kurikulum Merdeka, tentunya akan ada hal yang menyertainya, yaitu adanya peluang dan tantangan yang akan dihadapi. 

Peluang inovasi pembelajaran matematika diantaranya fleksibilitas kurikulum, pemanfaatan teknologi, pembelajaran kolaboratif dan berbasis proyek serta pembelajaran berbasis masalah. Sedangkan tantangan yang harus dihadapi, diantaranya diperlukan pelatihan guru yang baik dan berkelanjutan, keterbatasan akses teknologi, adanya perubahan system evaluasi pembelajaran, dan adanya resistensi terhadap perubahan. 

Dalam rangka menghadapi peluang dan tantangan ini, penting bagi pemerintah, sekolah, guru, orang tua serta pihat terkait untuk melakukan kerja sama dalam mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran matematika yang sesuai dengan kebijakan kurikulum merdeka. Dengan demikian, pembelajaran matematika dapat menjadi lebih efektif, relevan dan mempersiapkan siswa dalam mengahadapi tuntutan masyarakat serta kebutuhan dunia kerja yang terus mengalami perubahan.

Berdasarkan beberapa hal yang telah dikemukakan di atas, perlu dilakukan upaya dalam menghadapi peluang dan tantangan inovasi dalam pembelajaran matematika pada era kurikulum merdeka. Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut, Program Studi Pendidikan Matematika Unikal menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Sandika) ke-5 dengan tema “Peluang dan Tantangan Inovasi Pembelajaran Matematika di Era Kurikulum Merdeka”.