STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN PBL DAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

  • Desty Farida Azzahro Universitas Negeri Semarang
  • Hanna Illaya Salsabila Universitas Negeri Semarang
  • Yuyun Nailatul Fitri Universitas Negeri Semarang
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL (Problem-Based Learning), Metode Drill

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya temuan bahwa keterampilan siswa dalam memecahkan masalah masih tergolong rendah. Padahal, kemampuan pemecahan masalah sangat penting untuk dimiliki peserta didik dalam menyelesaikan persoalan matematis baik dalam pembelajaran ataupun dalam kehidupan sehari – hari. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model PBL (Problem-Based Learning) dan metode drill. Model PBL (Problem-Based Larning) merupakan suatu model pembelajaran yang mengajarkan peserta didik untuk dapat menemukan konsep pemecahan masalah dari permasalahan yang diberikan oleh guru baik secara individu maupun kelompok. Metode drill merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan pada banyaknya latihan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dengan cara mencari artikel ilmiah yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan artikel atau jurnal yang dianalisis, dapat diperoleh hasil bahwa model PBL (Problem-Based Learning) dan metode drill sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran matematika dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan kata lain, model PBL dan metode drill ini layak digunakan oleh guru dan pembelajaran matematika untuk meningkatan kemampuan pemecahan masalah sehingga menimbulkan efektifitas dan keterampilan siswa dalam pembelajaran matematika.

Published
2023-01-27