STUDI LITERATUR: KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING)

  • Berlian Disi Prasetya Universitas Negeri Semarang
  • Indana Ainurrohmah Universitas Negeri Semarang
  • Indhika Hanafiatul Aisyah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Literasi Matematika, Problem Based Learning, Konvensional

Abstract

Kemampuan literasi matematika merupakan kemampuan yang dimiliki siswa dalam menganalisis suatu permasalahan matematika. Berdasarkan hasil PISA (Programme for International Student Assessment), tingkat kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang dalam proses pembelajarannya siswa berperan aktif dan guru sebagai fasilitator. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau kembali bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa dan hasil literasi matematika siswa yang dikembangkan dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada hasil literasi matematika menggunakan pembelajaran konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Kegiatan atau analisis penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data artikel dan jurnal tujuh tahun terakhir (2016-2022) yang berkaitan dengan topik pembahasan yaitu kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan literasi matematika siswa yang dikembangkan dengan menggunakan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi kemampuan literasi matematika siswa.

Published
2023-01-27