KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERSOALAN MATEMATIKA MENURUT TEORI WATSON

  • Muhamad Khoirul Fuad Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pekalongan
  • Dewi Azizah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pekalongan
Keywords: Kesalahan Siswa, Kriteria Watson, Persoalan Matematika

Abstract

Matematika ialah ilmu yang menekuni suatu yang abstrak, yaitu fakta, konsep, operasi dan prinsip yang memiliki karakter. Selain itu, matematika merupakan salah satu mata pelajaran dimana siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah baik dalam matematika maupun dalam masalah sehari-hari, sehingga matematika dimasukkan dalam kurikulum dari jenjang pendidikan dasar ke jenjang pendidikan universitas. kenyataan dilapangan banyak siswa yang menganggap matematika sulit tetapi unggul dalam mata pelajaran lain. Siswa merasa matematika sulit untuk dipelajari. Dengan asumsi tersebut, siswa sering mengalami kesulitan yang dapat menimbulkan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Kesulitan atau hambatan belajar yang dihadapi siswa dapat disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti keluarga, hubungan antar anggota keluarga dan pengasuhan yang baik dalam pendidikan juga berjalan dengan baik bagi siswa. Begitu juga dengan lingkungan sekolah, sekolah yang letaknya baik, memiliki guru yang berkualitas, dan memiliki fasilitas sekolah yang memadai dapat menjadi salah satu faktor penunjang hasil belajar siswa. Terakhir, masyarakat, karena masyarakat juga penting dalam perkembangan siswa. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika berdasarkan teori Watson. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil dari penelitian didapat bahwa diperoleh kencenderungan siswa melakukan kesalahan siswa dalam menyelesaikan persoalan matematika berdasarkan teori Watson. Adapun kesalahan kesalahan yang sering dilakukan siswa antara lain data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, manipulasi tidak langsung, dan masalah hirarki keterampilan.

Published
2023-01-27