PENERAPAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

  • Nur Ainun Lubis Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Bettri Yustinaningrum Institut Agama Islam Negeri Takengon
Keywords: Learning Cycle 5E, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penerapan pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan matematis siswa. Pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran yang berbasis konstruktivisme yang terdiri dari 5 tahap belajar yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Pembelajaran Learning Cycle 5E merupakan model pembelajaran kelompok yang melibatkan seluruh siswa ikut serta didalamnya untuk saling bekerjasama dan berinteraksi serta berdiskusi dengan komunikasi yang baik agar apa yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik yang lain. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan subjek kelas XI di MA Darul Mukhlisin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu beupa soal kemampuan komunikasi matematis sisswa. Data dianalisis menggunakan uji independent t-test dengan aplikasi SPSS. Dari hasil tes akhir kelas eksperimen yang diberi perlakuan pembelajaran Learning Cycle 5E diperoleh rata-rata siswa adalah 25,89, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung adalah 16,07. Dari data yang diperoleh menggunakan independent t-test diperoleh Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan peneraoan pembelajaran learning cycle 5E efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Published
2023-01-27