ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KETERAMPILAN 4C

  • Dea Rahmawati Universitas Pekalongan
  • Alya Khoirunnisa Universitas Pekalongan
  • A’isyah Sekarsari Universitas Pekalongan
Keywords: Keterampilan 4C, Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning

Abstract

Pada abad 21 dan era society 5.0 ini, para siswa dituntut untuk memiliki keterampilan 4C yaitu Critical Thinking and Problem Solving, Creativity, Communication Skills, dan Collaboration Skills. Namun pada kenyataannya keterampilan 4C pada siswa masih sangat rendah khususnya pada pembelajaran matematika. Oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan 4C pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika terhadap keterampilan 4C. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (studi literatur). Data dikumpulkan dari 4 artikel jurnal pada database Google Scholar. Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi. Kemudian mempelajari data-data hasil penelitian dari penulis artikel jurnal yang relevan dengan judul penelitian ini. Salah satu model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat mengembangkan keterampilan 4C adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Terdapat pengaruh dalam beberapa penelitian yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika yaitu para siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, komunikasi matematis dan keterampilan kolaboratifnya. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika ini akan menjadikan siswa menemukan makna dari apa yang dipelajarinya tersebut. Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang tepat untuk menciptakan pembelajaran matematika yang interaktif, karena siswa secara aktif terlibat dalam proses belajar. Dalam pembelajaran siswa tidak lagi bersifat pasif dimana hanya mendengarkan dan menerima materi pembelajaran dari guru tetapi siswa dituntut untuk memahami konsep pembelajaran, aktif berpikir, berkomunikasi, mencari dan mengolah data, dan akhirnya menyimpulkan.

Published
2023-01-27