STUDI LITERATUR: PENGARUH FLIPPED CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Wasianti Saputri Universitas Pekalongan
Keywords: Fliiped Classroom, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika

Abstract

Model flipped classroom merupakan model pembelajaran dimana siswa mengkaji materi yang diberikan oleh guru dalam bentuk video, sehingga siswa lebih mandiri dalam mempelajari materi pembelajaran di rumah sebelum guru mengklarifikasi mengenai materi di kelas. Siswa dapat mempelajari materi dengan nyaman dalam situasi dan kondisi apapun dengan bantuan video pembelajaran, sehingga kemampuan pemahaman konsep siswa dapat meningkatkan. Melalui pemahaman konsep matematis akan membuat siswa menjadi lebih mudah untuk memahami pelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat diterapkan dengan penerapan model flipped classroom berbantuan media menggunakan video pembelajaran. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji apakah model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika. Studi literatur merupakan metode yang digunakan pada artikel ini. Metode literatur berasal dari mencari data atau informasi yang terkait dengan model pembelajaran flipped classroom dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Dengan media video pembelajaran, siswa akan termotivasi dan menjadi aktif untuk memperluas pengetahuan dan informasi yang telah didapat saat proses pembelajaran karena video pembelajaran lebih banyak memberikan kesempatan siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Berdasarkan penelusuran tersebut menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran flipped classroom dapat memberikan pengaruh dalam kemampuan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika.

Published
2023-01-27