Pengaruh Game Edukasi Riddles and Puzzles Maths Games Terhadap Hasil Belajar Pola Bilangan Siswa

  • Rofiatul Hidayah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nalim UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
Keywords: Game, Edukasi, Riddles and puzzles

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran matematika adalah kurangnya media mengajar guru yang bisa menambah semangat dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika yang berakibat pada menurunnya hasil belajar. Salah satu metode yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan media game yang membuat situasi pembelajaran lebih menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana hasil belajar siswa pada materi pola bilangan dengan menggunakan game edukasi riddles and puzzles maths games 2) Apakah terdapat pengaruh aplikasi riddles and puzzles maths games terhadap hasil belajar pola bilangan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi-eksperiment dengan desain penelitian berupa Pre-test post-test nonequivalent control group design dengan teknik deskriptif. Pengambilan data dilakukan setelah proses pembelajaran menggunakan instrumen tes berupa soal pre-test sebanyak 10 soal dan post-test sebanyak 10 soal uraian. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) hasil belajar kelas eksperimen mengalami peningkatan yang sangat tinggi dari nilai rata-rata 58,3 menjadi 78,6, sedangkan pada kelas kontrol mengalami peningkatan yang rendah dari nilai rata-rata 58,2 menjadi 70,2. 2) hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 78,6 sedangkan di kelas kontrol 70,2. Dari hasil kedua sampel tersebut diperoleh selisih sebesar 8,4 serta perbandingan uji independen sampel t-test diperoleh perbandingan t hitung 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh game edukasi riddles and puzzles maths games terhadap hasil belajar materi pola bilangan pada siswa.  

 

Published
2024-01-10