Implementasi Model Pembelajaran Joyfull Learning Berbantuan Powerpoint Meme Indonesia Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

  • Sutris Rahayuno Universitas Tidar
  • Aprilia Nurul Chasanah
  • Zuida Ratih Hendrastuti
Keywords: Joyfull Learning, PowerPoint Meme Indonesia, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketuntasan belajar siswa kelas VIII terhadap kemampuan berpikir kreatif. Analisis dilakukan pada dua kelompok: satu kelompok menggunakan model pembelajaran Joyful Learning berbantuan PowerPoint Meme Indonesia, dan kelompok lainnya menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini membandingkan kemampuan berpikir kreatif antara kedua kelompok tersebut. Metode penelitian yang diterapkan yaitu Quasi Experimental (Kuasi Eksperimen) dengan jenis penelitian Nonequivalent pretest–posttest Control Group Design yang melihat perbandingan antara dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Colomadu. Sampel dilakukan secara acak (random sampling) oleh pihak sekolah. Uji yang digunakan yaitu validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya beda, uji normalitas, uji homogenitas, uji rerata, dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Joyfull Learning berbantuan PowerPoint Meme Indonesia lebih dari 75% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 82,81. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa persentase kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung lebih dari 75% telah mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 71,30. Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh t_hitung=2,5396≥t_tabel=1,999 maka H0 ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rerata antara kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Joyfull Learning berbantuan PowerPoint Meme Indonesia dan model pembelajaran langsung telah mencapai ketuntasan. Lebih lanjut, terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa antara dua model pembelajaran tersebut, dengan model pembelajaran Joyfull Learning dan PowerPoint Meme Indonesia menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Published
2024-01-11