Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Literasi Mateamatika Siswa SMP Jakarta Pusat

  • Aulia Masruroh universitas indraprasta PGRI
  • Maya Nurfitriyanti universitas indraprasta pgri
Keywords: Pendekatan PMRI, Pendekatan Konvensional, Kemamampuan Literasi Matematika

Abstract

Literasi matematis merupakan kemampuan matematika yang komprehensif, menyangkut kemampuan merumuskan, menerapkan, menafsirkan matematika dalam berbagai konteks, termasuk menalar secara sistematis dan menggunakan konsep, prosedur, fakta sebagai alat untuk memprediksi suatu keadaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah pendekatan PMRI berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematika siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu true expremental design. Penelitian true experimental terbagi menjadi dua desain yaitu posttest only control group design dan pretest-posttest control group design. Sampel adalah siswa kelas VIII SMPN 59 Jakarta yang berjumlah 66 siswa, sebanyak 33 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dan 33 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan dari pengujian hipotesis untuk beda rata-rata yang dilakukan dengan menggunakan uji-t maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (8.543 > 1.697) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak atau hasil pengujian signifikan yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata antara tes awal dengan tes akhir. Nilai akhir peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran matematika realistik Indonesia lebih baik secara signifikan daripada nilai awal peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode konvensional untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika peserta didik.

Published
2024-01-11