Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

  • Chindy Pebiana Br Sitepu Universitas Negeri Semarang
  • St. Budi Waluya Universitas Negeri Semarang
Keywords: STEM, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu bekal yang penting untuk dimiliki siswa dalam menghadapi persaingan global. Faktanya, hasil studi PISA pada tahun 2018 dan TIMSS pada tahun 2015 menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Indonesia masih tergolong kurang optimal. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya suatu inovasi pembelajaran yang mampu membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, salah satunya yaitu melalui implementasi pendekatan Science, Technology, Engieering, and Mathematics (STEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji beberapa literatur terkait implementasi pendekatan STEM dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Systematic Literature Review (SLR). Pencarian data artikel dilakukan dengan menggunakan kata kunci Mathematical Creative Thinking dan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dengan rentang tahun penerbitan artikel antara 2019-2023 melalui software Publish or Perish. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan STEM dalam pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan mampu membantu mengoptimalkan pencapaian indikator kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, yaitu meliputi indikator originality (orisinalitas), fluency (kelancaran), flexibility (fleksibilitas), dan elaboration (keterincian).

Published
2024-01-11