Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Analisis Data Dan Peluang

  • Reva Amelia Universitas Pekalongan
  • Putri Awaliya Rahmasari Universitas Pekalongan
  • Fiana Zuhro
Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengambarkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP kelas VIII di SMP Islam Walisongo Kedungwuni pada materi analisis data dan peluang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan cara diambil masing - masing jawaban siswa di SMP Islam Walisongo Kedungwuni sebagai subjek yang dipilih berdasarkan kemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi analisis data dan peluang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas VIII yang berjumlah 27 siswa berdasarkan nilai yang diperoleh terdapat 14 siswa pada kategori tinggi dengan persentase 51,86 % yang memenuhi indikator memberikan contoh dan kontra contoh dari konsep yang dipelajari, mengelompokkan objek berdasarkan konsep matematis, mengutarakan kembali konsep yang sudah dipelajari. Pada kategori sedang terdapat 1 siswa dengan persentase 3,71 % yang memenuhi 2 indikator yaitu mengutarakan kembali konsep yang sudah dipelajari, mengelompokkan objek berdasarkan konsep matematis. Sedangkan pada kategori rendah terdapat 12 siswa dengan persentase 44,44 % yang hanya memenuhi 1 indikator yaitu mengutarakan kembali konsep yang sudah dipelajari.

Published
2024-01-11