ANALISIS MUATAN HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS 8 BAB POLA BILANGAN

  • Hafida Rachma Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Mariska Naila Zifi An Najmi An Najmi Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Fitri Sulistyaningrum Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Hasna Rahma Alfiani Pendidikan Matematika Universitas Tidar
  • Miza Nur Aisyah Pendidikan Matematika Universitas Tidar
Keywords: Analisis, HOTS, Buku Teks Siswa, Pola Bilangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami muatan HOTS (Higher Order Of Thinking Skill). Buku yang dianalisis adalah materi Pola Bilangan pada buku teks Matematika SMP kelas VIII Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis konten. Pengumpulan data dilakukan dengan cara diskusi dan konfirmasi dengan tiga orang guru matematika. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa persentase muatan HOTS di buku teks Matematika Kelas VIII bab Pola Bilangan pada bagian materi, contoh soal dan latihan soal. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa muatan HOTS di bukuteks Matematika Kelas VIII bab Pola Bilangan mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Muatan HOTS di bagian materi dengan indikator HOTS yang muncul ialah menganalisis (C4) 100% dengan subindikator membedakan (C4.1) 50% dan mengorganisasi (C4.2) 50%. Pada bagian contoh dengan indikator HOTS yang munculialah menganalisis (C4) 6,25% seluruhnya merupakan subindikator mengorganisasi (C4.2), mengevaluasi (C5) 12,5% seluruhnya subindikator mengkritisi (C5.2), dan mencipta (C6) 81,25% dengan subindikato rmerumuskan (C6.1) 25% dan subindikator merencanakan (C6.2) 50%. Bagian latihan soal dengan indikator HOTS yang muncul ialah mencipta (C6) 100%, dengan subindikator merumuskan (C6.1) 16,66% dan merencanakan (C6.2) 83,3%.