LEMBAR KERJA MAHASISWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA MENGANALISIS SOAL EKSPONEN BERTIPE HOTS

  • Mufti Falah Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
  • Hanif Naufal Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis soal, HOTS, Lembar kerja mahasiswa (LKM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan mahasiswa mengenai permasalahan dalam menyelesaikan soal-soal bertipe HOTS dan menghasilkan desain LKM. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model 4-D (four-D). Model ini terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi dua tahap saja, yaitu tahap define (pendefinisian) dan tahap design (perancangan). Instrumen yang digunakan adalah uji tes soal HOTS dan pengisian angket. Pengujian ini digunakan untuk menentukan kebutuhan mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis soal bertipe HOTS. Hasil analisis dari angket menunjukkan bahwa 1). dosen selama ini sudah mengenalkan soal bertipe HOTS namun belum maksimal, 2). Karena belum maksimalnya dosen dalam memperkenalkan soal bertipe HOTS maka mahasiswa kesulitan ketika menemukan soal dengan model yang berbeda, 3). Mahasiswa membutuhkan suatu bahan ajar untuk melatih kemampuannya dalam menghadapi soal yang berbeda, yaitu Lembar Kerja Mahasiswa (LKM). Desain lembar kerja mahasiswa terdiri dari cover, halamam identitas LKM, fitur LKM. Fitur LKM ini terdiri dari judul materi, materi, contoh soal, dan latihan soal yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari soal HOTS. Bahan ajar ini dimilki secara pribadi karena terdapat tempat untuk menuliskan identitas pemilik LKM tersebut.