ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK DAN GENDER KELAS VII

  • Ahmad Aunur Rohman Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Nihayatus Sholihah Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
  • Siti Maslihah Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Keywords: Pemecahan Masalah Matematika, Disposisi Matematis, Gender

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah yang disebabkan kurangnya percaya diri, minat dan rasa ingin tahu peserta didik dalam belajar matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan disposisi matematis dan perbedaan gender. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan subjek penelitiannya peserta didik kelas VII A MTs. Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan disposisi tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan dengan peserta didik dengan disposisi sedang dan rendah. Hal ini disebabkan oleh peserta didik memerlukan disposisi matematis untuk bertahan dalam menghadapi masalah. Peserta didik laki-laki lebih baik dari perempuan dalam langkah memahami masalah dan merencankan pemecahan masalah, karena laki-laki memiliki kelebihan dalam kemampuan logika matematis. Sementara peserta didik perempuan lebih unggul dalam langkah melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali, karena perempuan memiliki kelebihan dalam tugas kalkulasi matematik dan ketelitian.