METODE SUKSESIF INTERVAL PADA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SELAMA COVID-19 BERBASIS MSLQ DENGAN SOFTWARE R

  • Muhammad Taqwa STKIP Andi Matappa
Keywords: Metode Suksesif Interval, Motivasi Belajar Matematika, MLSQ, R

Abstract

Pandemik Covid-19 menuntut perubahan tren penelitian di bidang pendidikan matematika dengan melibatkan variabel laten seperti motivasi belajar matematika. Salah satu metode untuk menganalisis model yang mewakili sistem adalah uji beda. Data motivasi belajar matematika diukur dengan menggunakan kuesioner MSLQ, sebelum dianalisis harus ditransformasikan dengan  Metode Suksesif Interval (MSI).  Metode Suksesif Interval (MSI) dikembangkan dengan koding bantuan software R. Menggunakan uji statistik pada data kelompok sebelum dan sesudah transformasi menimbulkan perbedaan interpretasi. Kelalaian dalam memilih uji statistik juga akan mengakibatkan interpretasi yang salah. Oleh karena itu, diperlukan ketelitian dalam memilih statistik uji dalam suatu penelitian. Data yang diperoleh dari pengukuran menggunakan skala ordinal harus diuji dengan statistik non parametrik. Namun jika ingin menggunakan statistik parametrik, transformasi skala ordinal menjadi skala jarak (interval) harus dilakukan terlebih dahulu. Hasil penelitian : (1) MSI dapat dikembangkan dengan aplikasi software R; (2) Secara deskriptif terlihat bahwa peyebaran data  motivasi belajar matematika setelah MSI lebih baik dibandingkan peyebaran data  motivasi belajar matematika sebelum MSI; (3) Terdapat perbedaan rerata nilai antara data motivasi belajar matematika setelah MSI dengan data motivasi belajar sebelum MSI

Published
2021-01-06