ETNOMATEMATIKA GAPURA NUSANTARA PEKALONGAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Salma Gina Biladina Tadris Matematika IAIN Pekalongan
  • Heni Lilia Dewi IAIN Pekalongan
  • Muhamad Akhit Yulian

Abstract

Etnomatematika yang merupakan perpaduan antara matematika dengan budaya dianggap sebagai sarana belajar yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Oleh karena itu artikel ini berusaha mengkaji etnomatematika pada Gapura Nusantara Kota Pekalongan yang merupakan ikon wisata baru Kota Pekalongan. Diharapkan peserta didik nantinya dapat dengan mudah memahami materi matematika karena dipadukan dengan Gapura Nusantara yang lekat dengan kehidupan mereka. Selain itu Gapura Nusatara yang sarat akan motif batik khas Kota Pekalongan yakni Jlampang, Buketan, Semen dan sebagainya bisa menjadi upaya untuk terus melestarikan budaya batik yang mengakar kuat di Kota Pekalongan. Kemudian budaya yang jua sarat akan nilai dan karakter diharapkan mampu diadaptasi melalui proses pembelajaran etnomatematika. Dengan menggunakan  metode penelitian kualitatif yang bersifat interpretative subjektif dan menekankan pada penciptaan makna serta teknik observasi. Etnomatematika yang di kaji pada Gapura Nusantara merupakan konsep-konsep matematika. Konsep matematika yang dapat di temukan pada Gapura Nusantara diantaranya adalah konsep bangun datar, bangun ruang, pola aritmatika, garis singgung lingkaran, simetri dan refleksi, kesebangunan dan kekongruenan.

Published
2021-01-06