MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI ERA MERDEKA BELAJAR

  • Etika Putriningsih Universitas Pekalongan
  • Jasmine Ayungi Sujadi Universitas Pekalongan
Keywords: Pemahaman matematis, blended learning, era merdeka belajar

Abstract

Penelitian ini menggunakan studi literatur yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran blended learning di era merdeka belajar. Merdeka belajar merupakan kebijakan Menteri Pendidikan untuk menghadapi pandemi COVID-19, namun pada kenyataanya hasil pembelajaran daring secara penuh mengakibatkan pemahaman matematis siswa kurang terasah. Untuk meningkatkan pemahaman matematis, dibutuhkan model pembelajaran yang tepat. Blended learning adalah model pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran daring. Adapun langkah-langkah model pembelajaran blended learning yaitu sebagai berikut: 1)Guru mengupload materi pembelajaran dan tugas pada aplikasi pembelajaran online, 2)Guru menginformasikan kepada siswa untuk mempelajari materi dan mengerjakan tugas yang telah diupload di aplikasi pembelajaran online, 3)Guru membuka sesi diskusi pada kolom komentar aplikasi pembelajaran online, 4)Guru menjelaskan materi dan mengadakan diskusi pada pembelajaran tatap muka, 5)Guru memberikan evaluasi berupa kuis melalui pembelajaran tatap muka. Pembelajaran akan lebih efektif jika diawali dengan pembelajaran daring, sehingga pada saat pembelajaran tatap muka siswa sudah mempunyai bekal ilmu. Kelebihan blended learning yaitu sebagai berikut: 1)Meningkatkan interaksi antarsiswa dan guru, 2) meningkatkan efektivitas pembelajaran, optimalisasi biaya, waktu dan hasil belajar, 3)meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Berdasarkan kelebihan, blended learning dapat mengembangkan pemahaman matematis siswa di era merdeka belajar dan mendukung kebijakan menteri pendidikan di masa pandemi COVID-19.

 

Published
2021-01-06