IMPLEMLENTASI ASESMEN ALTERNATIF PADA STRATEGI PEMBELAJARAN SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS

  • Komang Hari Santhi Dewi ITB STIKOM BALI
  • I Putu Gd Abdi Sudiatmika Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Rifky Lana Rahardian Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Komang Budi Mas Aryawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
Keywords: asesmen alternatif, asynchronous, strategi pembelajaran, synchronous

Abstract

Pembelajaran daring menggunakan strategi synchronous dan asynchronous merupakan salah satu solusi pembelajaran di tengah masa pandemic Covid-19. Oleh sebab itu, transformasi pembelajaran, harus diikuti dengan penyesuaian asesmen yang tepat agar dapat mengukur capaian pembelajaran mahasiswa. Berdasar kondisi tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan asesmen alternatif dalam strategi pembelajaran synchronous dan asynchronous pada perkuliahan daring. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimen dengan desain One Shot Case-Study yang  melibatkan satu kelas dengan jumlah 33 mahasiswa. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada mata kuliah statistik. Pengumpulan data asesmen alternatif menggunakan bentuk tes hasil belajar, aktivitas dalam diskusi dan presentasi secara daring, sedangkan data respon mahasiswa menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk mata kuliah statistika adalah 84,50 dengan kategori tinggi dan seluruh mahasiswa mencapai ketuntasan individu maupun ketuntasan klasikal. Aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran menunjukkan kategori sangat aktif sebanyak 51,52%, 27,27% pada kategori aktif dan 21,21% pada kategori cukup aktif. Respon mahasiswa terhadap implementasi asesmen alternatif pada strategi synchronous dan asynchronous learning adalah 84,85% menunjukkan respon positif dan 15,15% menunjukkan respon cukup.

Published
2022-01-31