PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 3 TERSONO

  • Nur Khabibah Author
Keywords: Pembelajaran Edukasi Berbasis Android, Statistika, Borg dan Gall

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi modul matematika tingkat SMP/MTs khusus Statistika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis android yang valid untuk bahan ajar matematika materi operasi statistik SMP kelas VIII dan untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran matematika berbasis android yang valid untuk materi operasi statistik SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau R&D                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 . Penelitian R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Prosedur penelitian ini mengadaptasi model pengembangan menurut Borg dan Gall (2009). Tahapan penelitian dan pengumpulan data meliputi: (1) Studi lapangan, Pengumpulan bahan atau studi kepustakaan. Tahap perencanaan meliputi pemetaan materi yang disampaikan. (2) Pengembangan draf produk berupa penyusunan media pembelajaran pendidikan, yaitu Menentukan judul media pembelajaran, Pengenalan pembelajaran. (3) Materi dan soal dibuat dengan menggunakan aplikasi powerpoint, materi dan soal tersebut dapat diketahui untuk menentukan keberhasilan aplikasi pembelajaran bagi siswa. (4) Tahap validasi dan uji coba lapangan. Aplikasi yang telah dibuat kemudian dievaluasi.

Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket, Terdapat tiga angket yaitu angket kebutuhan peserta didik, angket kevalidan, dan angket kepraktisan. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan media pembelajaran dan analisis kepraktisan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata total aspek dari semua validator mencapai 4,0 dengan kategori valid. Sedangkan dari hasil angket respon peserta didik diperoleh nilai persentase kepraktisan mencapai 88% dengan kategori sangat praktis dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran matematika.

 

Published
2022-01-31