ANALISIS KEBUTUHUAN METODE 3D PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PADA SISWA SMA

  • Muhammad Reza Faza Universitas Pekalongan
  • Salwa Universitas Pekalongan
  • Naila Fathina Universitas Pekalongan
Keywords: Analisis kebutuhan, Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang terpenting dari kehidupan. Namun pendidikan di Indonesia pada penilaian PISA (Programme for International Student Assesment) tahun 2018 menempati ranking ke 74 dari 79 negara yang menunjukan tingkat literasi rendah. Hal ini dikarenakan metodologi serta orientasi kebijakan pendidikan yang masih mengejar standarisasi. Berdasarkan survei kondisi menyatakan bahwa pendidikan sekarang cenderung belum sepenuhnya menerapkan pentingnya literasi terutama pada literasi numerasi. Serta berdasarkan angket dapat diketahui bahwa pembelajaran saat ini cenderung membosankan dan kurang adanya inovasi. Peningkatan mutu pendidik menjadi faktor utama saat ini karena pendidik memegang peranan penting untuk dapat mencipkatan pembelajaran kreatif, aktif dan inovatif. Diharapkan tenaga pendidik mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa terutama pada pembelajaran matematika agar tidak cepat bosan dan sekaligus untuk dapat meningkatkan pemahaman materi dan kemampuan literasi numerasi pada siswa juga meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Pembelajaran tersebut dapat diwujudkan dengan metode pembelajaran 3D (Demonstrasi, Diskusi, dan Debat). Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui kebutuhan inovasi metode pembelajaran pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi pustaka (studi literatur) dengan mengkaji beberapa artikel pada jurnal. Hasil dari penelitian ini adalah adanya solusi berupa metode 3D untuk menyelesaikan permasalahan pada pembelajaran matematika guna meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Published
2022-01-31