Strategi Verbal dalam Branding Image di Media

  • Riris Tiani Dosen Fakultas Ilmu Budaya UNDIP
Keywords: strategi verbal, positive face, include the activity, identity markers

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi verbal yang digunakan public figure dalam membangun branding image atas produk bisnis yang mereka tawarkan. Metode yang digunakan menggunakan metode distribusional fenomenologis dan teknik catat langsung dalam kerangka teori Kesantunan Pragmatik. Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan, berbagai strategi verbal digunakan para public figure dalam promosi suatu produk. Strategi verbal menjadi penting mana kala jenis brand yang diciptakan bukan menjadi pioneer dalam sebuah penciptaan produk. Strategi verbal yang digunakan para public figure untuk menarik dan mempengaruhi khalayak adalah strategi positive face digunakan dalam membentuk citra diri produk kuliner public figure dengan jenis strategi (1) include bith S and H in the activity, bahwa berusaha melibatkan lawan tutur dan penutur dalam suatu kegiatan tertentu dengan penggunaan kata kamu, ayo,dsb. Strategi ini digunakan bagi public figure yang menjadi pioneer di bidang kuliner. Jenis strategi (2) use in-group indentity markers bahwa pengembangan strategi ini menggunakan penanda yang menunjukkan jati diri atau kelompok dengan menggunakan bentuk sapaan, bahasa atau dialek kelompok, jargon, slang, dan ellipsis. Idendity marker ditunjukan melalui abreviasi verbal dari nama-nama public figure.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown and Levinson. 1978. Politeness Some Universal in Languange Usage. Cambridge. Press Syndicate of the University of Cambridge.

Leech, Geoffrey N. 1983. Principles of Pragmatics. London, New York: Longman.
Rangkuti, Freddy. 2009. The Power of Brand. Teknik Mengelola Brand Equity dan Starategi Pengembangan Merek. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum