SINGLE-SUBJECT RESEARCH: PENGARUH MEDIA BELAJAR BERBASIS TRI-N TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

  • Elfrida Yani Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Fitria Sulistyowati Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Maria Marfiani Tapo Pendidikan Matematika, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Keywords: Media Belajar, Penalaran Matematis, SPLDV

Abstract

Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan dalam pelajaran matematika. Pelajaran matematika masih menjadi salah satu pelajaran yang kurang diminati siswa dikarenakan pelajaran tersebut sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar berbasis Tri-N terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian subjek tunggal (SSR) dengan desain dasar A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah salah satu siswa SMP Piri 2 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media belajar berbasis Tri-N mempunyai pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diberikan perlakuan yaitu 52,2 dan meningkat menjadi 91,5 setelah diberikan perlakuan.

Published
2023-01-26