STRATEGI PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KARAKTER RASA INGIN TAHU BERBANTUAN GEOGEBRA

  • Annisa Rahma Niar Universitas Negeri Semarang
  • Koimatul Chasanah Universitas Negeri Semarang
  • Popy Nur Hikmah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, GeoGebra, Karakter Rasa Ingin Tahu

Abstract

Fenomena disrupsi pada abad ke-21 ini pendidikan harus melakukan inovasi dengan pembelajaran matematika, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan menumbuhkan karakter rasa ingin tahu, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi Geogebra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dengan berbantuan aplikasi Geogebra untuk menumbuhkan karakter rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk artikel yang diterbitkan pada 2014 - 2022 tentang etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan karakter rasa ingin tahu berbantuan Aplikasi Geogebra. Terdapat 14 artikel nasional atau internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan ResearchGate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Geogebra merupakan strategi yang efektif pada pembelajaran berbasis etnomatematika dan mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta karakter rasa ingin tahu.

Published
2023-01-27