PENGARUH E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN TERHADAP SISWA MINAT BELAJAR RENDAH

  • Kholifah Dinnisa universitas sarjanawiyata tamansiswa
  • Fitria Sulistyowati universitas sarjanawiyata tamansiswa
Keywords: Media, Interaktif, Minat, Belajar

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dalam mempelajari matematika yang dirasa sulit dan rumit, dengan adanya kemajuan teknologi yang ada diciptakannya media pembelajaran interaktif berbasis canva dalam upaya menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari media pembelajaran interaktif dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa mempelajari matematika. Subjek dalam penelitian ini dengan 1 orang siswa kelas IX dengan hasil angket menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar tergolong kategori rendah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, serta dengan desain Single Subject Research (SSR). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh e-modul interaktif berbasis canva terhadap minat belajar siswa. Penulis dalam penelitian ini mengharapkan E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Materi Kekongruenan  dan Kesebangunan dapat membantu siswa dalam belajar sehingga minat belajar siswa tinggi, serta untuk kedepannya dapat terus berguna dalam belajar siswa.

Published
2023-01-27