SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS CHALLENGE BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Al Ana Maisaroh Universitas Negeri Semarang
  • Nanda Akmala Fauzi Universitas Negeri Semarang
  • Uswatul Khasanah Universitas Negeri Semarang
Keywords: Challenge Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, STEM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan matematika yang dituntut pada abad ke-21. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui efektivitas model Challenge Based Learning terintegrasi STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review yang merupakan metode penelitian dengan melakukan identifikasi, peninjauan, pengevaluasian, dan menafsirkan berbagai penelitian terkait dengan tema yang dipilih. Pengumpulan data dilakukan melalui peninjauan dan analisis terhadap artikel yang terkait dengan Challenge Based Learning, STEM, dan kemampuan berpikir kritis yang diterbitkan periode tahun 2016-2022. Peneliti me-review 12 artikel terakreditasi dari database Google Scholar. Temuan dalam penelitian ini mengindikasikan bahwa model Challenge Based Learning terintegrasi STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2023-01-27