KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MENGGUNAKAN MATH TRAILS

  • Nabila Dafina Putri Universitas Negeri Semarang
  • Zalsabila Yanuarriska Putri Universitas Negeri Semarang
  • Deby Mardikaningsih Universitas Negeri Semarang
Keywords: Math Trails, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstract

Salah satu kemampuan dasar seorang siswa yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran matematika dari aspek kognitif siswa yaitu kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu sorotan utama dalam pembelajaran matematika, melatih kemampuan pemecahan masalah menggunakan soal kontekstual dalam lingkungan dunia nyata merupakan salah satu hal yang diperlukan.  Salah satu aktivitas pembelajaran yang dapat mengakomodasi pengaitan pembelajaran dan dunia nyata adalah math trail. Aktivitas pembelajaran matematika ini merupakan aktivitas pembelajaran di luar kelas dalam rangka mengeksplorasi dan mengamati lebih mendalam serta memecahkan masalah matematika secara nyata di lingkungan luar kelas yang dilengkapi rute penjelajahan dan peta sederhana untuk menemukan matematika. Pembelajaran matematika yang kontekstual dengan teknik Math Trails memungkinkan keefektifan siswa dalam belajar baik secara online maupun offline. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada masalah kontekstual dalam Problem Based Learning dengan menggunakan Math Trails. Penelitian ini menggunakan studi literatur dengan mengumpulkan sumber berupa artikel ilmiah, makalah, situs internet dan sumber lainnya yang relevan dengan kemampuan pemecahan masalah kontekstual pada Math Trails. Hasil studi menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan Math Trails dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa.

Published
2023-01-27