PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA ARSITEKTUR MASJID AGUNG DEMAK TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA

  • Asmaul Kusna Universitas Negeri Semarang
Keywords: Buku Ajar, Etnomatematika, Segi Empat dan Segitiga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar berbasis etnomatematika pada arsitektur Masjid Agung Demak pada materi Segi Empat dan Segitiga kelas VII SMP/MTs dan mengetahui tingkat kelayakan dari buku ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang disesuaikan menjadi tahap Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Instrumen yang digunakan yaitu berupa lembar kelayakan buku ajar, lembar keterbacaan buku ajar, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan mencapai persentase rata-rata sebesar 88,69% dengan kategori sangat layak, nilai keterbacaan mencapai persentase rata-rata 95% dengan kategori tinggi (mudah dipahami peserta didik), dan respons siswa mencapai persentase ratarata 95% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar segi empat dan segitiga berbasis etnomatematika layak dan mudah dipahami untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran kelas VII jenjang SMP/MTs.

Published
2023-01-27