PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA BERMUATAN ETNOMATEMATIKA KABUPATEN KLATEN PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

  • Luthfiyah Khairunnisa' Universitas Negeri Semarang
  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Hery Sutarto Universitas Negeri Semarang
Keywords: Aritmetika Sosial, E-comic, Etnomatematika, Pengembangan

Abstract

Pada era generasi seperti sekarang ini, teknologi informasi dan komunikasi telah banyak terlibat dalam berbagai aspek, termasuk dalam dunia pendidikan. Pembelajaran pada era ini tidak lagi menggunakan bahan ajar konvensional namun telah memanfaatkan komputer untuk menyusun perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran disini juga mencakup media pembelajaran yang nantinya akan dengan mudah diakses di smartphone siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-comic matematika bermuatan etnomatematika Kabupaten Klaten pada materi aritmetika sosial yang layak digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif secara kualitatif dan kuantitatif. Langkah penelitian pengembangan e-comic matematika diadaptasi dari model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun pada penelitian ini peneliti hanya sampai tahap pengembangan saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-comic matematika bermuatan etnomatematika Kabupaten Klaten materi aritmetika sosial telah mencapai kelayakan 83,93% dengan kategori layak. Kelayakan diperoleh dari hasil penilaian oleh 2 validator ahli media dan ahli materi, serta 2 praktisi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-comic matematika bermuatan etnomatematika Kabupaten Klaten pada materi aritmetika sosial layak digunakan dalam pembelajaran serta diharapkan dapat menjadi referensi sumber belajar oleh pendidik untuk dapat menarik minat belajar siswa dalam materi aritmetika sosial.

Published
2023-01-27