PENGEMBANGAN BUKU AJAR DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA MELALUI OBJEK NUWO SESAT DALAM MATERI BANGUN DATAR

  • Adi Satrio Ardiansyah Universitas Negeri Semarang
  • Alifya Putri Siswanti Universitas Negeri Seamarang
  • Redwinda Aktari Universitas Negeri Semarang
Keywords: Bangun Datar, Buku Ajar, Etnomatematika, Nuwo Sesat

Abstract

Jarang ditemukan buku ajar berbasis etnomatematika, maka kami mengembangkan buku ajar berbasis etnomatematika dengan tema rumah adat Nuwo Sesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar untuk mendukung aktivitas belajar siswa, buku ajar ini pun dimodifikasi sedemikian rupa agar siswa tertarik mempelajarinya. Tujuan dibuatnya buku ajar ini agar siswa dapat mengenal budaya serta konsep matematika khususnya bangun datar dalam Nuwo Sesat penelitian hanya sampai tahap layak atau tidaknya. Pengumpulan data menggunakan systematic literature review (SLR). Studi Literatur yang kami lakukan pada Google Scholar dengan kata kunci “Etnomatematika dan Rumah Adat Lampung”. Kemudian peneliti menganalisis, mereview dan mengkaji artikel yang didapatkan khususnya dibagian hasil penelitian dan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku ajar matematika berbabasis etnomatematika untuk siswa SMP kelas VII materi segitiga dan segi empat melalui bentuk rumah adat Nuwo Sesat. Model pengembangan buku ajar matematika berbasis etnomatematika pada penelitian ini mengunakan model 4D yang di kembangkan oleh Thiagajaran, yang terdiri dari tahap pendahuluan (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Namun pada penelitian ini, penelitian hanya sampai pada tahap ketiga yaitu tahap pengembangan (develop. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh presentasi rata validasi kelayakan oleh para ahli materi sebesar 83,33% dan presentase rata-rata validari kelayakan oleh para praktisi sebesar 83,67%. Dengan demiakian, diperoleh presetase rata-rata 83,5% sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar dengan pendekatan etnomatematika melalui objek nuwo sesat dalam materi bangun datar layak untuk digunakan.

Published
2023-01-26