Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environment (Sole) Berbantuan Aplikasi Matlab Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI RPL SMK Batik Perbaik Purworejo

  • Isnaeni Maryam Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Prasetyo Budi Darmono Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Laela Destiana Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: SOLE, MATLAB;, Model Pembelajaran;, Numerasi;

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas XI RPL SMK Batik Perbaik Purworejo melalui penerapan model pembelajaran SOLE berbantuan aplikasi MATLAB. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI RPL SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2022/ 2023. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini  adalah lembar observasi dan soal tes kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan terbagi menjadi dua, yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas XI RPL SMK Batik Perbaik Purworejo melalui penerapan model pembelajaran SOLE berbantuan aplikasi MATLAB. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kemampuan siswa di setiap indikator dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa sudah mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol untuk memecahkan masalah, tetapi sebagian besarnya masih melakukan kekeliruan. Siswa juga masih kurang tepat dalam menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk soal cerita maupun tabel. Kemampuan dalam menggunakan interpretasi hasil analisisnya untuk memprediksi, mengambil kesimpulan, dan membuat keputusan dikategorikan cukup, namun jawaban yang ditulis masih kurang jelas. Pada siklus II, siswa mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol untuk memecahkan masalah dengan benar. Sebagian besar siswa sudah dikatakan mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk soal cerita, tabel, diagram, grafik, maupun bagan dengan benar. Pada indikator yang ketiga, hampir seluruh siswa sudah mampu menggunakan interpretasi hasil analisisnya untuk memprediksi, mengambil kesimpulan, dan membuat keputusan secara jelas.

Published
2024-01-11