Eksperimentasi Blended Learning Berbantuan Microsoft Teams Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika Terapan

  • Hermawan Gatot Priyadi Politeknik Ahli Usaha Perikanan
  • Rizal Al Muhari SMA 1 Wonogiri
Keywords: Blended Learning, Microsoft Teams, Motivasi, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah motivasi belajar matematika terapan dalam menggunakan model blended learning berbantuan aplikasi microsoft teams lebih baik daripada menggunakan whatsapp group dan (2) apakah prestasi belajar matematika terapan mahasiswa dalam menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan aplikasi microsoft teams lebih baik daripada menggunakan whatsapp group. Desain penelitian menggunakan desain penelitian eksperimental semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Politeknik Ahli Usaha Perikanan. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah tes dan angket. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika terapan dan angket motivasi belajar. Uji hipotesis yang digunakan adalah statistika multivariat. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) motivasi belajar matematika terapan mahasiswa dalam model pembelajaran blended learning yang berbantuan microsoft teams lebih baik daripada motivasi belajar matematika terapan mahasiswa dalam model pembelajaran blended learning yang berbantuan whatsapp group, (2) prestasi belajar matematika terapan mahasiswa dalam model pembelajaran blended learning berbantuan microsoft teams lebih baik daripada prestasi belajar matematika terapan mahasiswa dalam penggunaan model blended learning yang berbantuan whatsapp group.

Published
2024-01-11