Penerapan Media Digital Yang Bervariasi Dalam Pembelajaran Untuk Mengupayakan Konsentrasi Belajar Matematika Siswa Di Kelas

  • Hanna Nahaklay Universitas Pelita Harapan
  • Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro Universitas Pelita Harapan
Keywords: Media Digital, Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Konsentrasi belajar merupakan hal penting dalam membantu siswa memiliki kemampuan belajar yang baik terlebih pada pelajaran matematika yang tergolong rumit dan sulit dipahami. Untuk itulah dibutuhkan solusi yang mampu mengupayakan konsentrasi belajar siswa di kelas yaitu dengan memanfaatkan media digital yang bervariasi dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media digital yang bervariasi dalam mengupayakan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah media digital yang bervariasi mampu mengupayakan konsentrasi belajar siswa dalam belajar matematika, meskipun masih ada perilaku minor yang terjadi. Perilaku tersebut merupakan salah satu bentuk tindakan siswa yang tidak menghargai pembelajaran akibat dosa manusia, sehingga diperlukan peran guru yang menuntun dan membimbing siswa. Selain itu, penggunaan media digital yang bervariasi turut menentukan perbedaan hasil konsentrasi belajar matematika siswa di kelas, sehingga penggunaan media pembelajaran GeoGebra merupakan media terbaik yang dapat mengupayakan konsetrasi belajar matematika siswa.  

Learning concentration is important in helping students have good learning abilities, especially in math lessons which are classified as complicated and difficult to understand. For this reason, a solution is needed that can seek student learning concentration in the classroom, namely by utilizing digital media in learning. The purpose of this study is to describe the application of varied digital media in seeking student learning concentration in learning mathematics in the classroom using descriptive qualitative research methods. The results obtained are that various digital media can seek student learning concentration in learning mathematics, although there are still minor behaviors that occur. This behavior is a form of student action that does not respect learning due to human sin so the role of the teacher is needed to guide and guide students. In addition, the use of various digital media also determines the difference in the results of students' math learning concentration in class, so the use of GeoGebra learning media is the best media that can work on students' learning concentration.  

Published
2024-01-10