Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Gading Dengan Metode Polya

  • Aurora Hidayah Uiversitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Wahyu Lestari Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Keywords: Pemecahan Masalah, Metode Polya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ketika menyelesaikan masalah cerita. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Gading. Subjek penelitian adalah dua orang siswa kelas VII yang mempunyai kemampuan akademik tergolong cukup. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Proses pembelajaran menggunakan metode Polya yang terdiri dari empat tahap penyelesaian masalah: (1) Memahami permasalahan, kedua subjek penelitian pada pertanyaan pertama dan kedua mampu memahami permasalahan; (2) Saat merancang rencana, kedua subjek menerapkan strategi yang tepat; (3) Dalam melaksanakan rencana, kedua subjek dapat mengoperasikan perhitungan dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan benar; dan (4) Melihat kembali, S2 tidak mencoba melakukan tahap tersebut, sedangkan S1 mencoba melakukan tahap ujian ulang.

Published
2024-01-11