Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika

  • Siti Laila Rahmatika UIN Walisongo Semarang
  • Ahmad Aunur Rohman UIN Walisongo Semarang
  • Mohamad Tafrikan UIN Walisongo Semarang
Keywords: Pengaruh model pembelajaran, kemampuan berfikir kreatif, Teams Games Tournament (TGT)

Abstract

Siswa kelas VIII SMP N 3 Boja belum memiliki kemampuan berpikir kreatif yang secara maksimal pada materi statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental dan menggunakan desain penelitian posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 3 Boja tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif pada siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal Statistika kelas VIII SMP N 3 Boja.

Published
2024-01-11