Pengembangan Instrumen Asesmen HOTS Untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Konseptual, Prosedural, Dan Metakognitif Siswa

  • Yeni Heryani Universitas Siliwangi
  • Sri Tirto Madawistama Universitas Siliwangi
  • Dian Kurniawan Universitas Siliwangi
Keywords: Dimensi Pengetahuan, instrumen HOTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui validitas, reliabilitas, dan efektivitas  instrumen asesmen HOTS untuk mengukur dimensi pengetahuan konseptual, prosedural, dan metakognitif siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan tipe formative research Tessmer (1993). Penelitian ini terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap prelimiminary, tahap self evaluation dan tahap formative evalution (prototyping) yang meliputi expert reviews dan one-to-one (low resistance to revision) dan small group serta tahap field test (high resistance in revision). Sumber data dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli dan peserta didik kelas IX MTsN 7 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur dan pemberian soal HOTS. Instrumen tes yang telah dikembangkan memiliki kriteria kualitas yang telah ditetapkan yaitu valid, reliabel, secara keseluruhan sudah baik. Instrumen tes secara umum dinyatakan valid. Realibilitas instrument tes secara umum dinyatakan baik karena berdasarkan analisis instrument tes reliabilitas yang diperoleh adalah 0,736 dengan interpretasi reliablitas tinggi. Perolehan persentase hasil kemampuan berpikir tinggkat tinggi pada kategori baik dan sangat baik lebih dari 75%, sehingga instrumen tes dinyatakan efektif.

Published
2024-01-11