Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Metode Krulik Dan Rudnik Ditinjau Dari Gaya Kognitif

  • Washilatul Khasanah Universitas Pekalongan
  • Muhamad Najibufahmi Universitas Pekalongan, Indonesia
Keywords: Analisis, Kesulitan, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika yang ditinjau dari gaya kognitif pada siswa MTs. Penelitian ini merupkan penelitian deksripsi kualitatif. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif (GEFT) yaitu 2 siswa dengan Field Dependent dan 2 Field Independent kelas VIII di MTs Rifa’iyah Wonokerta. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes gaya kognitif (GEFT), tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil yang diperoleh menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field dependent kurang menunjukkan semua indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu Think (berfikir), Explore and Plan (ekplorasi dan merencanakan), Select a Strategy (memilih strategi), Find and Answer (mencari jawaban), dan Reflect (refleksi). Sedangkan siswa dengan gaya kognitif field independent, menunjukkan semua indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu Think (berfikir), Explore and Plan (ekplorasi dan merencanakan), Select a Strategy (memilih strategi), Find and Answer (mencari jawaban), dan Reflect (refleksi).

Published
2024-01-11