Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika

  • Sausan Intan Zahra Universitas Pekalongan
  • Muhamad Najibufahmi Universitas Pekalongan, Indonesia
Keywords: Kesulitan, komunikasi, kemampuan awal

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan menyampaikan gagasan atau ide matematis, baik secara lisan maupun tulisan serta kemampuan memahami dan menerima gagasan atau ide matematis orang lain secara cermat, analitis, kritis, dan evaluatif untuk mempertajam pemahaman. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa pada mata pelajaran matematika diantaranya matematika yang penuh dengan simbol dan keabstrakan seringkali menyulitkan siswa untuk mengkomunikasikannya secara lisan maupun tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa ditinjau dari Kemampuan Awal Matematik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deksriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII C MTs Salafiyah Jenggot yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes soal uraian kemampuan komunikasi sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) sebagai kemampuan awal siswa. Siswa dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok KAM atas, kelompok KAM menengah dan kelompok KAM bawah. Terlihat bahwa presentase pada indikator 1 (menghubungkan benda nyata, gambar, grafik, tabel dan diagram ke dalam ide-ide matematika) siswa benar cenderung kelompok sedang yaitu 88%. Untuk indikator 2 (menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau symbol matematika) siswa benar cenderung kelompok tinggi yaitu 88%. Dan untuk indikator 3 (mengungkapkan kembali suatu uraian atau paragraf matematika dalam bahasa sendiri) siswa benar cenderung kelompok rendah yaitu 86%.

Published
2024-01-11